Penyebab dan Cara untuk menghilangkan bau badan
Punya penampilan menarik namun punya bau badan yang kurang enak, bisa menjatuhkan karisma dari penampilan kita, jadi percuma kan, sudah cantik dan guanteng tapi bau.Hal seperti ini bisa menjadi alasan kita dijauhi oang-orang terdekat kita karena mereka merasa tidak nyaman dengan bau tak sedap dari tubuh kita.

Beberapa tips untuk menangani masalah seperti ini salah satunya bisa memakai deodoran dan minyak wangi yang bisa kita gunakan agar bau tak sedap bisa tersamarkan dengan wewangian. Ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami. Namun untuk menambah pengetahuan coba deh baca dulu penyebab-penyebab maslah ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Penyebab ketiak menimbulkan bau tak sedap yaitu disebabkan  2 kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat yang sebagian besar berupa air dan garam. Sedangkan apokrin memproduksi keringat dengan kandungan lemak, protein dan karbohidrat. Dan biang kerok dari bau badan yang tidak sedap adalah bakteri yang ada di permukaan kulit kita. Bakteri-bakteri ini yang mengurai keringat yang diproduksi apokrin dan merubahnya menjadi asam. Asam inilah yang kemudian menguap dan menghasilkan bau yang tidak enak.
  2. Penyebab bau badan karena makanan. Makanan yaitu di antara factor penyebab timbulnya bau badan ini, terlampau banyak serat ( ingat terlampau banyak ) dapat menyebabkan bau badan, makanan pedas juga dapat menyebabkan, makanan dengan bau lain layaknya jengkol, ketela, juga bisamemicu timbulnya bau badan, karenanya, bila anda akan menghadiri acara penting, hindari untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau badan tersebut.
  3. Penyebab bau badan karena bakteri dan jamur. Nah untuk perkara yang satu ini pasti Anda sudah sering mendengar nya kan, yap salah satu pemicu bau badan adalah adanya bakteri di area permukaan kulit kita, ini terjadi karena adanya situasi lembab seperti pada ketiak, selangkangan, pada lekukan tubuh yang bisa menyebabkan keringat tidak bisa kering, lalu menjadikan daerah tersebut lembab dan menjadi sarang bakteri.
  4. Penyebab bau badan karena pola hidup. Bau badan sebenarnya juga bisa muncul karena beberapa pola hidup yang kurang sehat, seperti sering menunda buang air, alkohol, rokok, dan bahkan lingkungan sekitar Anda mugkin, ini juga akan memicu bau badan. Jika Anda tinggal dalam area yang kotor atau kumuh maka bau badan bisa datang lebih sering.
  5. Penyebab bau badan karena fungsi fisiologis. Nah bau badan yang satu ini adalah bau badan karena pengaruh atau efek dari fungsi kerja tubuh, seperti seorang wanita yang sedang datang bulan, ada sebagian wanita mengeluarkan bau badan tidak sedap ketika datang bulan datang. Penyebab bau badan yang lain juga bisa dikarenakan sedang menguras racun, jika Anda sedang dalam proses detox dengan menggunakan herbal atau obat, pasti akan menimbulkan bau badan, karena racun keluar melalui keringat ini.
Bagaimana sudah tau kan beberapa penyebabnya? sekarang kita baca untuk cara mengatasinya :

1. Menggunakan Cuka Apel
Cuka apel ternyata adalah deodorant alami yang bisa mengurangi pH (tingkat keasaman) pada kulit sehingga dapat membuat bau keringat yang tidak sedap dapat segera menghilang. Disarankan untuk menggunakan sari cuka apel setiap hari yang bisa anda gunakan sebagai pengganti dari deodorant dengan cara memasukkan cuka apel ke dalam segelas air lalu anda bisa menggunakannya untuk membilas ketiak setelah mandi.

2. Mengkonsumsi Jahe
Sejak zaman Kekaisaran China kuno, mengkonsumsi jahe dipercaya dapat membuat seseorang tercium manis. Hal itu tidaklah mengherankan mengingat bahwa jahe mengandung banyak sekali antioksidan yang berfungsi untuk melunturkan racun-racun di dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan juga untuk menambahkan air perasan jahe pada air yang akan digunakan untuk mandi.

3. Mengurangi Konsumsi Bawang
Mengurangi konsumsi bawang. Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan dengan banyak bawang, terutama bawang putih, maka mulai sekarang sebaiknya dikurangi saja. Hal ini tidak hanya membuat bau badan anda, namun juga bisa membuat nafas anda tidak sedap. Oleh karena itu sebaiknya segera kurangi makanan yang mengandung bawang karena bisa membuat keringat anda menjadi bau.

4. Menggunakan Jeruk Nipis
Caranya mudah, yaitu dengan memeras jeruk nipis, lalu dicampurkan dengan kapur sirih. Setelah itu, anda bisa menggosokkan air campuran jeruk nipis dan kapur sirih tadi pada bagian tubuh yang biasanya memproduksi banyak keringat seperti ketiak.

5. Menggunakan Baking Soda
Seperti yang kita tahu, baking soda (soda kue) adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Namun baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi produksi keringat yang berlebihan terutama saat kita melakukan banyak aktifitas di luar ruangan. Caranya mudah yaitu, anda tinggal menaburkan baking soda pada ketiak dan juga kaki sehingga anda dapat mengurangi keringat yang selalu keluar dari dalam tubuh anda.

6. Menggunakan Daun Sirih
Daun sirih sudah lama dikenal sangat ampuh dalam menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Daun sirih sangat mudah sekali di dapatkan dan cara untuk membuat obat bau badan dari daun sirih pun juga sangat mudah. Caranya adalah dengan merebus tiga sampai lima helai daun sirih dalam dua gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal tersisa sekitar satu gelas. Minum air rebusan daun sirih ini satu gelas setiap hari hingga bau badan anda menjadi semakin berkurang. Atau anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menghaluskan daun sirih yang sudah dicampurkan dengan kapur, lalu anda tinggal mengoleskannya pada bagian ketiak.

7. Menggunakan Mentimun
Mentimun adalah salah satu jenis buah yang serbaguna, selain untuk dimakan, mentimun juga biasa digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan termasuk untuk mengatasi bau badan. Caranya adalah dengan mengupas satu buah mentimun yang masih muda, lalu gosokkan mentimun tadi ke bagian badan yang sering mengeluarkan bau. Hal ini bisa anda lakukan secara rutin setelah mandi.

8. Mengonsumsi Daun Kemangi
Daun kemangi mengandung minyak atsiri dan juga bahan-bahan antiseptik yang dapat membantu meredakan bau badan anda. Caranya adalah dengan sering-sering mengkonsumsi daun kemangi baik sebagai lalapan maupun dimasak menjadi urap. Pada wanita yang sedang haid, mengkonsumsi daun kemangi juga bermanfaat untuk mengurangi bau tidak sedap di area kewanitaan.


terkait dengan Penyebab dan Cara untuk menghilangkan bau badan :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar